Bisnis di Eropa Tapi Tetap Tinggal di Indonesia

Berawal dari sebuah kegemarannya  untuk dapat mengisi waktu luang, Asep Bagja Priandana dan juga bersama istrinya Retno Ika Safitri yang dimana kemudian berhasil untuk dapat memulai bisnis mereka, Tanibox yang dimana mulai ada pada tahun 2017. Tanibox sendiri yang dimana adalah sebuah perusahaan yang dimana perusahan ini sendiri adalah sebuah perusahan yang bergerak di bidang teknologi agrikultur yang dimana perusahan ini adalah perusahan  yang hanya fokus di bidang precision farming atau  juga pertanian presisi. Ini adalah sebuah pertanian yang  dimana juga mengkombinasikan nya dengan sebuah teknologi informasi dan juga dengan sebuah analisa data  yang digunakan untuk mendapatkan sebuah hasil yang  dimana sangat maksimal. Sejak awal ketika berdirinya mereka dimana juga kemudian langsung berpikir secara global tentang bagaimana Tanibox yang dimana dapat dipasarkan juga di pasar internasional. Itulah pada saat dimana mereka teringat telah mereka bergabung dengan Estonia e-Residency yaitu pada sejak 2016.

Apa, sih Estonia e-Residency?

Arnaud Castaignet, Head of Public Relations Estonia e-Residency yang dimana menyatakan dalam sebuah wawancara dengan Digination.id dengan  melalu e-mail, yang dimana bahwa e-Residency yaitu adalah sebuah status yang dimana status tersebut diberikan kepada pihak yang dimana bukan merupakan warga negara maupun penduduk  yang ada di wilayah Estonia. Pemilik status tersebut  dimana memiliki sebuah identitas digital atau yang disebut dengan Digital ID dari Estonia dan dimana sebuah akses terhadap berbagai macam layanan elektronik yang ada di negara tersebut.

Singkatnya, adalah dimana status tersebut yang nantinya akan memungkinkan Anda  untuk dapat bisa terhubung dengan Estonia serta juga semua lingkungan bisnis yang ada  di wilayah Estonia, termasuk kebebasan untuk dapat  menjalankan sebuah yang ada di dalam  perusahaan global yang berbasis di Uni Eropa secara online  yang ada di belahan dunia manapun.

Ilustrasi e-Residency (shutterstock)

Ketika pertama kali pada saat itu Asep dan Retno  memulai dan juga memiliki sebuah identitas digital e-Residency, mereka yang dimakan pada saat itu masih belum memiliki ide apapun untuk dapat memanfaatkannya. Benar-benar hanya sebuah rasa penasaran dan juga  merasa suatu saat identitas digital tersebut  yang dimana nantinya akan dapat berguna untuk di kemudian hari. Setelah mantap untuk dapat memulai berbisnis Tanibox, pasangan tersebut kemudian dimana  pada saat itu juga  mereka mulai berpikir, Mengapa tidak  mereka coba saja untuk dapat membuat perusahaan di Uni Eropa, Estonia juga  adalah salah satu negara yang juga berada di dalam bagian dari negara Uni Eropa.

Memang luar biasa menjadi salah satu yang cepat dan juga mudah untuk dapat mendirikan sebuah usaha di Estonia. Seperti yang  dimana juga pernah  dituliskan dalam sebuah blog pribadinya, setelah mendaftarkan diri untuk mempunyai dan juga mendapatkan sebuah identitas digital dari Estonia yang pada saat itu dengan menggunakan biaya 100 Euro atau yang dimana tertera dengan (sekitar Rp1.615.070,- sekarang), ia sendiri yang dimana juga menggunakan jasa di LeapIN untuk dapat mendaftarkan sebuah perusahaan di Tallinn, Estonia yaitu dengan biaya 278,80 Euro atau yang dimana sekitar Rp4.502.815 untuk sekarang. 

Manfaat dan Langkah ke Depan

Manfaat  yang terbesar yang  juga nantinya dirasakan adalah akses ke sebuah pasar Uni Eropa sekalipun  mereka melakukan bisnisnya  tersebut dari Indonesia. Manfaat lainnya  yang dimana menguntungkan adalah menerima pembayaran maupun juga  membayar vendor yang berasal dari negara-negara yang ada di Uni Eropa sendiri yang dimana juga lebih cepat karena ada Single Euro Payments Area atau yang dikenal dengan (SEPA), hal ini tentunya salah satu hal yang nantinya akan dapat memudahkan sebuah transaksi yang ada. 

Menjalin sebuah kerjasama dengan berbagai perusahaan  yang ada di Uni Eropa lainnya pun yang dimana sejak saat itu  menjadi jauh lebih mudah. Saat ini, Tanibox sendiri yang dimana juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan  yang dimana berada dari Hungaria, Lithuania, dan juga Swedia untuk dapat memasarkan produknya. Khususnya Tania, sendiri yang dimana perangkat lunak manajemen pertanian yang  dimana juga perangkat ini adalah sebuah perangkat yang dapat diakses secara gratis.

Kedepannya dimana pasangan ini juga nantinya ingin membuat ekosistem yang dimana nantinya akan menghubungkan petani ke pemilik lahan, pemilik kapital, pembuat perlebapana dn juga terhadap beberapa sarana pertanian dan juga ahli yang ada di bidang agrikultur. Tujuannya ini dimana nantinya agar para petani sendiri yang dimana nantinya akan dapat menghasilkan makanan yang berkualitas terbaik dengan tetap menjaga sebuah kelestarian alam. Ini pun merupakan sebuah tujuan dan juga konsep yang ada dalam sebuah pertanian presisi itu sendiri. 

Tanibox juga yang dimana akan yakin akan lebih banyak lagi nantinya juga para petani dengan beberapa lahan yang mikro, kecil, dan juga lahan yang menengah yang akan bermunculan. Kualitas pangan  yang dimana nantinya juga akan meningkat seiring dengan  lebih banyak nya lagi nantinya anak muda yang  dimana akan terjun ke dalam dunia pertanian.

Melalui bisnisnya ini, dimana juga nantinya mereka juga ingin merangkul sebuah komunitas dan juga sebuah pengembang perangkat lunak yang dimana hal ini supaya bisa ikut mengembangkan Tania, dan juga membuat  sebuah ekosistem perangkat lunak yang digunakan dapat menjadi  pendukung. Nantinya para pengembang perangkat lunak ini ini sendiri yang  juga bisa membangun sebuah teknologi yang dimana juga harus  sesuai dengan tempat tinggalnya dan tentunya juga  dapat dihubungkan ke Tania.

Menurutnya, dimana anak muda saat ini juga sudah memiliki tingkat pemikiran teknologi yang mana lebih maju dibandingkan orang-orang yang lebih tahu. Di sisi lainnya dimana konsumen saat ini yang juga menjadi semakin ingin tahu tentang bagaimana cara para petani yang nantinya akan menumbuhkan bahan pangan, apakah petani memproduksi makanan dengan  sebuah cara yang merusak alam atau dengan cara yang melestarikan alam. Relasi yang baik antara petani dan juga pembeli seperti ini lah yang juga menjadi salah satu yang di ingin kamu promosikan. Tentunya Tanibox senidir yang domaan masih di kembangkan pada saat ini dan Tanibox yang sudah mendirikan perusahan di Estonia dna berisi di Eropa. 

Hal ini tentunya juga menjadi salah satu inovasi yang baru yang dimana ternyata bisa membuat sebuah bisnis di Eropa walaupun anda sendiri berada di Indonesia. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat karena bisa terus terhubung dengan dunia luar, terlebih pada saat ini dimana sedang berlangsungnya sebuah wabah covid19 yang dimana mengharuskan semua orang bekerja di rumah, dna beberapa perusahan bahkan ada yang menutup perusahaannya. Tentunya ide ini sendiri bisa menjadi salah satu ide yang bagus untuk tetap berbisnis namun dengan hanya di rumah saja. Dengan adanya informasi ini semoga bisa berguna dan juga bisa bermanfaat. Untuk beberapa artikel kami yang menarik lainnya bisa mengecek beberapa artikel kami yang lainnya juga. Terimakasih.