Menjual Makanan Ringan Indonesia ke Penduduk Eropa

Bisnis dari makanan ringan sudah masuk sebagai sebuah bisnis yang berskala rumah tangga dengan peluang bagus untuk saat ini maupun di saat yang akan mendatang. Permintaan pasar untuk makanan ringan akan terus saja mengalir, baik itu di Indonesia, Eropa maupun di negara-negara dari benua lainnya yang ada di dunia ini. Melihat adanya penikmat makanan ringan, ternyata tidak hanya diminati oleh anak anak saja, tetapi para remaja, lalu orang dewasa sampai dengan orang tua juga bisa menikmati makanan ringan ini. Jadi tidak akan heran jika para pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan di saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan. 

Terlebih lagi dari keberagaman jenis makanan ringan yang ada di Indonesia bisa dikembangkan di Eropa, seperti halnya : berbagai macam jenis gorengan, keripik yang gurih, dan berbagai macam cemilan ringan yang ada. Membuat peluang bisnis makanan ringan ini akan semakin terbuka lebar saja untuk kalian yang baru akan memulai bisnis yang ada. 

Untuk kalian yang memang sangat tertarik dalam memanfaatkan peluang usaha di bidang kuliner, dan ingin menjualnya sampai ke pasar Eropa. Maka persiapkan lebih dahulu beberapa hal yang sudah matang, perencanaan serta melakukan beberapa riset dan juga analisa pasar untuk bisa mengetahui camilan apa yang memang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas. 

Kunci Sukses Menjual Makanan Ringan di Eropa

Bisnis dari makanan ringan sudah memerlukan ketekunan dan juga manajemen yang baik. Dari kebanyakan pengusaha sukses makanan ringan sendiri adalah pengusaha yang memang sudah lama sekali berjualan dan sudah memiliki pelanggan tetap, lalu ditambah makanan ringan yang bisa dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena memang kunci utama bagi para pemula di dalam bisnis makanan ringan yakni Kreatif dan juga Inovatif nyata. Disini ada banyak hal yang memang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula di dalam bisnis makanan ringan yang diantaranya : 

  1. Jual Makanan Ringan dengan Kualitas Bagus 

Menjual makanan ringan ini harus dilihat dari segi bahan yang memang digunakan, lalu melihat dari segi pengolahan sampai dengan segi pengemasannya. Bahan yang digunakan juga harus higienis dan tidak pernah mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya sendiri harus sesuai aturan layaknya Goreng saja camilan dengan minyak yang mana memiliki kualitas dan harus diganti minyaknya secara berkala. Kemudian kalian bisa menjualnya dengan menggunakan kemasan yang terbaik, tidak hanya dengan plastik saja. Kalau bisa berikan wadah yang menyesuaikan orang-orang di Eropa sana. 

  1. Penjualan Harus Dibarengi dengan Segmen Pasar yang Diincar 

Jadi, kalian ini kan ingin membuka usaha di Eropa. Maka dari itu, harus memakai segmen pasar yang diincar di sana. Strategi dari penjualan ini bisa saja mempengaruhi sebuah perkembangan usaha kedepannya. Kalian juga bisa melihat, aspek  pengunjung yang diincar adalah mereka dalam jangkauan anak-anak, remaja, dewasa, orang tua atau malah ingin menjangkau semuanya jua bisa. Namun tetap harus balik lagi, bahwa setiap pasar dari setiap negara berbeda-beda dan aturan dari penjualan juga berbeda. Minimal sekali, saat kalian baru mulai mencari pelanggan dan baru memulai ingin menjajakan makanan ringan yang kalian miliki ini, ada baiknya dalam : Memberikan Diskon ; Menambahkan Bobot dari makanan ringan yang dimiliki ; sampai dengan membagikan sampel produk olahan lebih dulu untuk dicicipi sebelum dibeli oleh setiap pelanggan yang ada di area pasar atau area toko kalian tersebut. 

  1. Terapkan Visioner – Think Big – Think Positif

Selalu saja berpikir ke depan serta menyeluruh serta berpikiran positif yang harus saja ditanamkan dalam jiwa serta pikiran pebisnis yang ada. Dalam menjalankan bisnis seperti makanan ini, kalian dituntut untuk bisa melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih ini selalu saja membantu berfikir ke depan dengan tenang. Lalu Jauhkan pikiran sempit dan negatif dikarenakan apa yang sudah dipikirkan menjadi sebuah kenyataan. Sehingga sangat penting sekali untuk memiliki pikiran yang positif. 

Contoh Usaha Makanan Ringan Modal Kecil di Eropa 

Adanya keanekaragaman jenis makanan ringan, baik itu tradisional maupun modern banyak dijajakan setiap harinya di pinggir jalan – lalu taman – pasar – supermarket – restoran dan juga tempat lainnya. Bisnis makanan ini sudah fleksibel sekali secara modal, dikarenakan modal yang dibutuhkan sesuai jenis produk yang dijual. Maka disini kalian bisa memulai usaha makanan ringan terbaik di Eropa, seperti : 

1.1 Usaha Kedai Kopi Ala Indonesia 

Kopi sendiri menjadi minuman terfavorit dari sebagian besar masyarakat di Indonesia, yang mana sudah berkembang sangat pesat. sehingga sudah memiliki banyak jenis minuman kopi, seperti : menjajakan kopi luwak, lalu kopi Joss yang ada di angkringan yang pastinya memiliki cita rasa tersendiri di lidah warga lokal yang ada di Eropa. Usaha ini setidaknya memerlukan modal dalam memiliki : Kedai Shop Coffee, Kedai Kopi Berjalan di Eropa, Pasar dagang Tetap dan lain sebagainya. Walau modal yang dimiliki tidak terlalu besar, namun prospek yang dimiliki sudah cukup bagus, sehingga tidak mengherankan saat ini banyak sekali tumbuh baik di Eropa sana. 

2.2 Usaha dalam Menjual Aneka Minuman Dingin Ala Indonesia 

Pasti banyak dong orang-orang Eropa yang senang dengan minuman dingin ? … kita tahu, bahwa negara di benua Eropa ini memiliki beberapa musim dan salah satunya adalah musim gugur atau musim panas. Ini menjadi waktu yang tepat untuk kalian bisa menjual berbagai macam minuman dingin yang enak pastinya. Kalian bisa memberikan minuman layaknya : Es Dawet Ireng – Es kelapa Mix Sirup – Es Pisang Hijau – lalu Pop Ice dengan berbagai amcam varian juga oke nih di jual di Eropa sana. Prospek yang dimiliki sendiri juga jauh lebih besar dan jauh lebih menguntungkan pastinya. 

3.3 Usaha dalam Menjual Bubur Kacang Hijau Ala Indonesia 

Setiap negara memiliki makanan seperti bubur yang berbeda-beda juga bukan ? … nah kalian boleh nih menjual bubur kacang hijau dan ketan hitam bagi warga Eropa. Kalian bisa menjual makanan ini dengan cara penyajian panas maupun dingin berbentuk minuman dingin juga bisa.  Kami rasa orang-orang sana belum pernah merasakan kelezatan dari makanan ringan dan mengenyangkan yang satu ini. Kalau bisa sih menjualnya di dekat-dekat universitas yang ada di Eropa sana. 

4.4 Usaha dalam Menjual Gorengan dan Singkong Keju 

Kita tahu bahwa Gorengan sendiri menjadi makanan ringan yang tidak akan ada matinya dan selalu saja diminati oleh semua orang. Adapun berbagai jenis maupun berbagai macam gorengan apa yang dijual. Nah diantaranya adalah : Tahu Goreng kremes – Pisang Goreng  – Pisang Coklat Lumer dan lain sebagainya. Lalu juga bisa menjajakan Singkong Keju, kami yakin disana belum banyak bahkan sedikit dari orang-orang Indonesia yang menjajakan makanan ringan ini.